Breaking

Rabu, 01 Februari 2023

JURNAL PEMBELAJARAN WORKSHOP 32 TEORI DAN APLIKASI KECERDASAN BUATAN

 

JURNAL PEMBELAJARAN

WORKSHOP 32 TEORI DAN APLIKASI KECERDASAN BUATAN

Hari Pertama, Jumat 27 Januari 2023

Pada hari pertama mengenai Big Data mengenai kumpulan data yang lebih besar kompleks. Dalam pembelajaran ini membahas mengenai bahwa guru harus melihat proses dan tidak hanya hasil. Penggunaan Big Data dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan produk, Memprediksi suatu kejadian dan bagaimana mengatisipasi agar tidak terjadi kesusahan di kemudian hari, Big Data dapat mengidetfikasi pola dalam data yang menunjukkan aktivitas. Penutup Kegiatan adalah Latihan menentukan kata agar dapat dioperasikan ke AI.  Kelebihan Hari pertama, ada penugasan yang memberikan gambaran dan dijelaskan istilah-istilah yang menurut saya sendiri asing seperti Big Data, AI dll. Kekurangan dalam pembelajaran hari ini tidak jelasnya screen/slide yang yang digunakan, karena saya pribadi menggunakan youtube.

Hari Kedua, Sabtu 28 Januari 2023

Dua pendekatan dalam Pengembangan AI berupa logika dan memori sebuah pembelajaran. AI juga bisa dimasukkan sebagai PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan Kegiatan pembelajaran. Disini Narasumber memberikan contoh kalimat logis. Ai juga menjadi cikal bakal jaringan neutron buatan. Namun AI sendiri memiliki sisi negative antara lain: 1. Buat guru dan siswa menjadi lebih malas. Ini terjadi karena AI telah secara otomatis melakukan sebagian besar aktivitas. 2. Hilangkan pekerjaan manusia. Ketika AI di gunakan untuk masalah administrasi di sekolah, itu tidak mengesampingkan kemungkinan menghilangkan peran administrasi di sekolah. 3. Tidak memiliki akal sehat. AI mampu belajar dan bekerja hanya sebagai manusia. Hanya saja AI tidak dapat memahami tujuan informasi. Karena pemahaman integral hanya dapat di miliki oleh manusia. 4. Bekerja sesuai dengan instruksi. AI akan bekerja sesuai dengan konfigurasi program. Jadi AI berfungsi sesuai dengan data dan instruksi yang telah di masukkan untuk tugas -tugas tertentu, AI tidak dapat bekerja untuk melakukan tugas -tugas lain di luar yang di jadwalkan. 5. IA masih kalah dengan memproses informasi vertikal dan membutuhkan makna yang kompleks. AI sejauh ini Anda hanya dapat bekerja sejajar dengan tugas yang rutin/ di ulang. Meskipun Anda dapat belajar sendiri, AI akan bekerja secara khusus sesuai dengan entri dan data yang di jadwalkan. Misalnya, AI yang bekerja untuk memperbaiki hasil pembelajaran siswa tidak dapat bekerja untuk menjalankan fungsi lain, seperti menemukan materi dan sumber belajar. 6. Risiko tinggi di curi. AI memiliki data dan informasi yang di simpan secara digital dan online. Ini membuat bajak informasi penting oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab dan berbahaya bagi pihak mereka. 7. Ini pasti akan rusak. Segala sesuatu yang di lakukan manusia, terutama teknologi dan mesin suatu hari, pasti akan rusak. Dengan cara yang sama dengan sistem AI, kemungkinan Anda mengalami gangguan atau kerusakan yang dapat di hilangkan oleh data dan informasi penting Anda. Sehingga Anda selalu memastikan bahwa data dan informasi penting di gandakan. Kelebihan Pembelajaran pada hari kedua adalah Narasumber memberikan gambaran dalam penerapan AI pada kehidupan Guru terutama di lingkungan SMK Farmasi. Kekurangan Pembelajaran hari kedua: Tidak ada, semua dijelaskan secara jelas oleh Narasumber.

Hari Ketiga, 29 Januari 2023

OpenAI adalah laboratorium penelitan kecerdasan buatan yang terdiri atas perusahaan waralaba OpenAI LP dan perusahaan induk nirlabanya, OpenAI Inc. Para pendirinya (khususnya Elon Musk dan Sam Altman) terdorong oleh ketakutan mereka akan kemungkinan bahwa kecerdasan buatan dapat mengancam keberadaan manusia. ChatGPT OpenAI tersedia berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna, diantaranya mampu mengoptimalkan model bahasa dalam melakukan dialog. ChatGPT akan melakukan sistem interaksi dengan cara percakapan, di mana format dialog memungkinkan untuk menjawab pertanyaan tindak lanjut, serta menolak permintaan yang tidak pantas.

Sebagai language model yang canggih, GPT-3 dapat membantu siswa dan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan penulisan teks, seperti menulis esai atau menulis laporan. Namun, GPT-3 tidak dapat digunakan sebagai pengganti guru atau tutor yang dapat memberikan pemahaman dan solusi masalah secara langsung.

Oleh karena itu, penggunaan GPT-3 harus dilakukan dengan bijak dan tidak sebagai pengganti proses belajar yang sebenarnya. Siswa dan mahasiswa masih harus mempelajari dan memahami materi yang diajarkan secara langsung oleh guru atau tutor agar dapat memiliki kemampuan berfikir yang sehat dan terlatih dengan baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar